Rekrutmen Perum Jasa Tirta I

Kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti rekrutmen di Perum Jasa Tirta 1 (PJT 1). Mungkin banyak yang belum tahu tentang perusahaan tersebut, intinya PJT 1 merupakan BUMN yang bertugas mengelola sumber daya air di beberapa wilayah sungai di Indonesia (detailnya bisa googling, hehe).

Proses rekruitmen di PT Jasa Tirta 1 tergolong sangat lama menurut saya, total ada tujuh tahapan dengan rekruitmen waktu enam bulan lebih (mulai 7 September 2015 hingga 23 Maret 2016). Ada dua lowongan jenis yang dibuka, yaitu untuk pendidikan Sarjana/Tenaga Ahli ( Teknik Sipil, Pengairan, Listrik, Geologi, Geodhesi, Hukum, dan Hubungan Internasional) dan SMK/ Non Tenaga Ahli (Teknik Listrik, SIpil, Mesin, dan Akuntansi). Setiap tahapan akan diumumkan di web resmi www.recruit.jasatirta1.co.id dan email langsung kemasing-masing pendaftar. Nah, langsung aja saya tuliskan setiap proses tahapan yang saya ikuti selama seleksi, semoga bermanfaat…

Seleksi Administrasi

Seperti halnya BUMN pada umumnya, persyaratan yang harus dikumpulkan memang tergolong banyak. Persyaratan-persyaratan yang harus dikumpulkan yaitu ijazah dan transkrip yang dilegalisir, PTN dengan akreditasi minimal B, KTP, Akte Kelahiran, SKCK, SKBN, Surat Pengalaman Kerja, TOEFL ≥ 450, dan Pas Photo. Semua dokumen harus diupload di web rekruitmen paling lambat tanggal 21 September 2015 dan ketika dinyatakan lulus harus mengumpulkan hardcopy.

Tes Pengetahuan Akademik dan Umum

Hasil seleksi administrasi diumumkan pada tanggal 26 Oktober 2015, bagi yang lulus diharapkan mengikuti tes pengetahuan akademik dan umum di Gedung Graha Tirta Malang sambil membawa hard file dokumen yang telah diupload sebelumnya .

Tes terdiri dari dua bagian (akademik dan umum) dengan masing-masing terdiri dari 5 soal, serta dilaksanakan selama kurang lebih dua jam. Tes akademik berisi tentang soal-soal yang sesuai background jurusan masing-masing. Berhubung saya Geologi, soal-soalnya berupa hal-hal yang berkaitan dengan geologi dan air tanah, seperti siklus hidrogeologi, langkah-langkah menjaga kelestarian sumber daya air, dll. Sedangkan tes pengetahuan umum berisi tentang peraturan-peraturan pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya air, seperti pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang sumber daya alam Indonesia.

Tes Kesehatan Tahap 1

Tanggal 2 Desember 2015 hasil tes TPA keluar. Diumumkan bahwa pada tanggal 5 Desember 2015 akan diadakan tes kesehatan tahap 1 di gedung Graha Tirta juga.

Tes ini berlangsung relatif cepat, hanya sekitar 1-2 jam saja. Sebelumnya kita diminta untuk mengisi formulir tentang riwayat kesehatan atau penyakit yang pernah dan sedang diderita. Pemeriksaan mulai dari tinggi dan berat badan, tekanan darah, tes mata, hingga general check up oleh dokter.

Tes Psikologi dan Tes Bahasa Inggris (TOEFL)

Tanggal 8 Desember 2015 hasil tes kesehatan tahap 1 diumumkan, bagi peserta yang lolos diharuskan mengikuti tes psikologi dan tes TOEFL yang akan dilaksanakan secara berurutan pada tanggal 10 dan 11 Desember 2015. Untuk tes psikologi diadakan di gedung Graha Tirta, sedangkan tes TOEFL diadakan di TBI malang.

Tes psikotes PJT I hampir sama dengan tes psikotes pada umumnya. Ada tes DISC personality, hitung-hitungan, problem solving, tes kemampuan memori, tes Wartegg, gambar orang dan pohon, serta tes Pauli (menjumlahkan angka di selembar kertas koran yang full sama angka).

Untuk tes TOEFL PJT I kerja sama dengan TBI Malang, jenis tesnya adalah PBT (Paper Based Test) dan hanya untuk pendaftar S1.

Tes Kesehatan Tahap II (General Check Up)

Tanggal 12 Januari 2016 hasil tes psikologi dan tes TOEFL keluar. Diumumkan bahwa pada tanggal 16 Januari 2016 akan diadakan tes kesehatan tahap 2 atau general check up. Tes kesehatan kali ini diadakan di SIMA Lab Malang. Pada tes kesehatan tahap 2 ini lebih rinci daripada tahap yang pertama, ada cek darah, urin, feses, dll. Malam sebelumnya kita juga diharuskan untuk berpuasa.

Tes Wawancara

Tanggal 17 Februari 2016 hasil tes kesehatan tahap 2 keluar. Diumumkan bahwa akan diadakan tes wawancara di kantor pusat PJT I yang dibagi menjadi tiga gelombang (tanggal 22-25 Februari 2016). Total ada 5 orang yang mewawancari secara bergantian, 3 direksi dan 2 kepala biro. Pertayaaan masing-masing orang berbeda-beda dan ga terlalu teknis sih, intinya kita ditanyai alasan dan komitmen kita mendaftar di PJT I. Kadang juga kita diharuskan menjawab dengan bahasa inggris.

Akhirnya setelah sekitar enam bulan lebih, pada 23 Maret 2016 diumumkan peserta yang lolos untuk menjalani Masa Pendidikan Kerja (MPK) di PJT I. Ya, sebelum diangkat menjadi karyawan tetap kita harus menjalani masa MPK selama satu tahun. Diakhir masa MPK kita diharuskan membuat laporan dan mempresentasikannya.

Advertisements
This entry was posted in My Experience. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s