Sharing Tes Rekruitment PT Bukit Makmur (Buma)

Pada bulan juli 2015  BUMA membuka lowongan untuk posisi BMDP di beberapa divisi kerja. Lowongan dibuka hingga tanggal 31 Juli 2015 dan seluruh tahapan tes dilakukan di kampus UPN Veteran Yogyakarta. BMDP (Buma Management Development Program) merupakan salah satu program pelatihan bagi generasi muda berbakat untuk menjadi pemimpin Buma di masa yang akan datang. Program ini disusun sesuai dengan kurikulum yang sistematis dan berfokus pada kompetensi untuk posisi manajemen di masa yang akan datang. Ada 7 divisi yang dibuka, yaitu: Management, Finance, Plant, HRGA, Operation, Engineering, dan Business Excellence.

Senin, 28 Juli 2015, saya mendaftar lowongan tersebut untuk posisi Engineering dengan mengisi biodata di gedung rektorat UPN (waktu itu saya nitip ke temen untuk apply). Tepat sehari setelah penutupan pendaftaran, saya mendapatkan sms untuk interview tanggal 4 Agustus pukul 09.30-10.00 di ruang seminar gedung pertanian UPN. Sebenarnya interview dibagi dalam 2 hari yang berbeda, 3 dan 4 Agustus.

Tes Interview Bahasa Inggris

Tanggal 4 Agustus saya berangkat dari solo pukul 05.30 pagi dan sampai di jogja pukul 08.00, kemudian saya mampir di kontrakan temen karena waktu interview masih lama. Pukul 09.00 saya menuju kampus dalam waktu ±5menit. Setelah sampai di gedung pertanian UPN, saya melakukan registrasi ulang dan mendapatkan nomer B130 dan antri untuk masuk ruang interview. Sebenarnya terdapat 5 orang yang mewawancarai peserta, namun saking banyaknya jumlah pendaftar (sekitar 800-1000 orang) membuat jadwal interview saya menjadi molor. Pukul 10.30 saya baru mendapat giliran untuk masuk ke ruangan. Tes tahap awal ini menguji kemampuan berbahasa inggris kita. Pengalaman saya beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu “Please tell about your self”,  “what is your strength and weakness?” atau pertanyaan umum semacam itu. Setelah sekitar 15 menit, saya dipersilahkan untuk keluar dan diberi tahu bahwa pengumuman akan keluar pada pukul 14.00 nanti. Daftar nama peserta yang lolos akan ditempelkan di depan ruangan.

Tes IQ

Pukul 14.30 pengumumgan peserta yang lolos interview bahasa inggris ditempel di depan ruang seminar fakultas pertanian UPN. Alhamdulillah, nama saya ada di sana. Pukul 15.00, kami dipersilahkan masuk ke ruang seminar untuk mendengarkan presentasi dari Bapak Soni (Manager HRD) mengenai company profil PT Buma. Selama kurang lebih 1 jam kami diberi tahu banyak hal tentang PT Buma, mulai dari sejarah, value, salary, roster kerja, site, dll.

Setelah presentasi, dilanjutkan dengan tes IQ. Pada tes ini terdapat sekitar 300an peserta, sehingga tes dibagi menjadi 2 kloter. Kebetulan saya ikut dalam kloter pertama. Tes dilaksanakan dalam waktu 45 menit. Terdapat 4 bagian dalam soal tes dengan total keseluruhan jumlah soal sekitar 40. Tes IQ ini hanya berisi gambar-gambar bangun datar/2D, kita disuruh memilih kelanjutan gambar yang kosong sesuai pola yang ada. Soal dimulai dari tingkat kerumitan yang paling rendah hingga tinggi. Oleh karena itu, tips dari saya untuk mengerjakan soal ini, optimalkan jawaban pada soal bagian awal-awal, jawab secepat dan setepat mungkin, karena soal pada bagian awal tersebut relatif lebih mudah. Selain itu perhatikan waktu dalam menjawab karena setiap soal hanya memiliki rata-rata waktu 1 menit. 45 menit kemudian, soal dan jawaban dikumpulkan. Pengumuman akan ditempel di tempat yang sama nanti malam pukul 20.00 WIB.

Psikotest

Jam 20.00 pengumuman bagi peserta yang lolos tes IQ sudah ditempel di depan gedung seminar fakultas pertanian UPN. Alhamdulillah, nama saya tercantum di sana bersama sekitar 170-an peserta yang lain. Selain ditempel, peserta yang lolos akan mendapatkan kiriman pesan via email dari panitia. Psikotest ini dilaksanakan secara online pada malam itu juga. Bersamaan dengan pengumuman kelolosan, di email tersebut juga terdapat link untuk melakukan psikotest. Psikotest terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama dan kedua berisi 8 soal, dimana tiap-tiap soal akan diberikan 10 pernyataan tentang kepribadian seseorang. Dari kesepuluh pernyataan tersebut, kita diminta untuk mengurutkan mulai dari pernyataan mana yang paling sesuai dengan karakter kita hingga pernyataan yang paling tidak sesuai. Menurut saya, pada bagian ini akan terlihat sejauh mana konsistensi kita dalam menjawab kepribadian diri.

Leaderless Group Discussion (LGD)

Keesokan harinya (5 Agustus 2015) sekitar pukul 11.00, hasil psikotest diumumkan di gedung rektorat UPN. Sekitar 130-an peserta lolos ke tahap LGD. Pada tahap ini para peserta dibagi menjadi beberapa tim, dimana tiap tim beranggotakan 8-10 orang. Tugasnya adalah kita berdiskusi untuk membuat suatu event/acara halal bihalal perusahan. Acara harus dibuat semeriah mungkin namun anggaran yang ada terbatas. Tiap tim diberi waktu sekitar 1 jam dengan rincian: 30 menit untuk menyusun acara/kegiatan, 15 menit presentasi, dan 15 menit teakhir Tanya jawab. Dalam LGD ini tiap-tiap tim akan diawasi oleh 2 orang psikolog. Tidak ada peraturan khusus dalam tahap ini, panitia tidak ikut diskusi, peserta dipersilahkan untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing. Untuk tips mengikuti tes tahap ini, teman-teman silahkan browsing di google. Namun sedikit tips dari saya, kita tidak boleh pasif, kemukakan pendapat-pendapat yang brilian namun realistis. Di samping itu kita juga tidak boleh terlalu mendominasi dalam mengemukakan pendapat, berilah kesempatan kepada teman anda untuk mengemukakan pendapatnya juga.

Interview HRD

Pukul 20.00 pengumuman peserta yang lolos sudah ditempel di depan gedung rektorat UPN. Ada sekitar 110 peserta yang lolos. Untuk tahap berikutnya, yaitu interview HRD yang akan dilakukan esok hari (6 Agustus 2015) mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Pada tahap ini para peserta diminta untuk membawa CV dan mengisi formulir biodata diri yang telah disediakan oleh panitia. Kedua berkas tersebut dibawa masuk saat interview. Tahap ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian kita. Pertanyaan yang diajukan sesuai dengan apa yang kita tulis di lembar CV. Sebagai contoh, di dalam CV saya tercantum bahwa saya pernah ikut dalam project eksplorasi batubara, maka saya ditanya seputar hal tersebut. Pertanyaan lain seputar kepribadian juga misalnya tentang kelebihan dan kekurangan pribadi, prestasi/kesuksesan yang telah diraih, dan satu hal yang penting menurut saya adalah jiwa kepemimpinan. Jika teman-teman pernah mengikuti suatu organisasi/kepanitian dan menjadi ketua di dalamnya, maka hal tersebut akan menjadi penilaian yang sangat bagus. Interview HRD ini berlangsung tidak terlalu lama, hanya sekitar 15-20 menit saja. Tips yang mungkin bisa saya bagi adalah:

– Persiapkan diri dengan baik, buatlah daftar pertanyaan seputar interview kerja (bisa cari di internet) kemudian jawablah sesuai keadaan teman-teman, sehingga ketika nantinya ditanya oleh psikolog tidak lagi bingung mencari jawaban.

– Datang paling tidak 30 menit sebelum jadwal interview agar kondisi badan saat akan interview lebih tenang

– Jangan panik/grogi, hindari telapak tangan yang berkeringat dan dingin, makan permen biar nafas lebih segar

– Saat menemui HRD berilah salam dan senyuman, jabat tangan dengan erat dan meyakinkan

– Jawab setiap pertanyaan dengan tegas, yakin, dan jujur

– Selesai interview jangan lupa ucapkan terima kasih dan salam undur diri

Interview User

Pukul 19.00 pengumuman peserta yang lolos interview HRD sudah keluar. Ada sekitar 90 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya (interview user). Dan interview user ini dilaksanakan keesokan harinya (tanggal 7 Agustus 2015) oleh manager dari masing-masing departemen/divisi. Sebenarnya interview sudah dimulai sejak bagi, namun karena divisi yang saya apply merupakan divisi dengan jumlah terbanyak, maka saya mendapatkan giliran interview malam hari selepas maghrib. Tidak berbeda jauh dengan interview tahap sebelumnya, pada tahap ini kita ditanya hal-hal mengenai kepribadian, kepemimpinan dan kesiapan kita untuk dapat bekerja di lingkungan tambang. Bahkan saya ditunjukkan langsung oleh manager operation sebuah video mengenai aktivitas tambang dimana di sana terdapat alat berat yang lalu lalang. Beberapa kali saya ditanya mengenai kesiapan dalam memimpin kondisi yang demikian. Tips untuk tahap ini juga hamper sama dengan tahap selanjutnya, namun yang terpenting jawablah setiap pertanyaan dengan tegas dan jujur, serta menunjukkan kesiapan kita dalam bekerja dan memimpin di lapangan, karena lingkungan lapangan sangat jauh berbeda dengan office.

Selanjutnya pengumuman bagi yang lolos akan dilakukan via telepon pada tanggal 10-15 Agustus 2015. Artinya, apabila dalam rentang waktu tersebut tidak ada telepon dari pihak panitia, maka dapat diartikan tidak lolos ke tahap terakhir, yaitu medical checkup (MCU).

Medical Check Up

Hari Kamis tanggal 14 Agustus 2015 sekitar pukul 11.30 ada panggilan dari PT Buma atas nama Ibu Dewi yang menyebutkan bahwa saya lolos untuk mengikuti medcheck. Berhubung saya berada di Karanganyar, maka saya dipersilahkan untuk melakukan MCU di klinik Budi Sehat Solo pada hari sabtu tanggal 15 Agustus 2015 pukul 08.00 WIB.

Tahapan MCU yang diterapkan perusahaan cukup lengkap menurut saya, mulai dari pemerikasaan oleh dokter (termasuk riwayat penyakit yang pernah di derita), cek darah, urin, dan feses, pemeriksaan penglihatan dan pendengaran, serta rontgen. Ini merupakan pengalaman pertama saya menjalani pemeriksaan kesehatan secara lengkap. Oke, setelah sekitar setengah hari mengikuti MCU saya dipersilahkan untuk pulang. Hasil tes akan diberikan ke pihak PT Buma langsung.

Pengumuman Penentuan

Setelah mengikuti tahapan yang agak panjang hingga MCU, saya berharap dan yakin akan diterima, karena waktu itu saya memang merasa sehat. Satu minggu menunggu saya buka forum kaskus dan ternyata sudah ada yang diumumkan dan diterima meskipun lokasi tes berbeda. Penasaran dan berusaha untuk tetap sabar, mungkin sebentar lagi juga dapat pengumuman, pikir saya. Daaan, dua minggu kemudian, tepatnya tanggal 31 Agustus 2015, saya mendapat email “Mohon maaf Saudara belum dapat bergabung dengan PT Bukit Makmur”. Awalnya rasa kecewa pasti ada, karena setelah melalui proses yang begitu panjang ternyata gagal di tahap akhir. Saya sempat me-reply email untuk menanyakan kekurangan saya di bagian mana, akan tetapi pihak perusahaan tidak dapat memberikan hasil tersebut. Akhirnya saya pasrah, saya yakin Allah mempunyai rencana yang lebih baik bagi saya ke depannya. Aamiin.

Nah itulah salah satu pengalaman saya sebagai job-seeker dalam mengikuti tes rekruitmen PT Buma. Semoga bermanfaat, nantikan postingan selanjutnya.

This entry was posted in My Experience. Bookmark the permalink.

7 Responses to Sharing Tes Rekruitment PT Bukit Makmur (Buma)

  1. Jejak Destinasi says:

    Thanks infonya. Bermanfaat sekali. Ditunggu postingan keren lainnya

  2. Kuat Yogiristanto says:

    Terima kasih share-nya mas Teguh. Sangat membantu. Semoga dilancarkan segala urusannya dan disukseskan karirnya mas Teguh, amiiin.

  3. irfan adi putra says:

    mantap mas jgn putus asa.. infonya berguna sekali…

  4. Domo slamet says:

    bagus banget cerita berikut infonya Bu, trimaksih banyak sangat membantu

Leave a Reply

